17 jenis Virus mematikan yang harus kamu waspadai



Virus-virus yang paling mematikan

 
Berikut 17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai yang kami kutip dari http://sulitabatigol.wordpress.com
Sepertinya setiap hari selalu muncul virus baru yang bisa membunuh manusia setiap hari nya. Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka memantau penularan infeksi pernafasan sindrom coronavirus atau Mers-Cov di Timur Tengah yang menyebabkan puluhan penyakit dan kematian di Timur Tengah dan Eropa.
Sementara beberapa kematian tidak mengakibatkan epidemi, namun hal ini menyebabkan ketakutan yang cukup mengganggu.
Tangan yang tersanitasi di dunia ini tidak dapat menyelamatkan kita dari beberapa sejarah virus menjijikkan dan penyakit mengerikan pada manusia. Berikut adalah virus-virus mematikan di dunia yang pernah ada.

IMG_1721.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
1. Ebola
Penyakit virus Ebola (sebelumnya dikenal sebagai demam berdarah Ebola) adalah, penyakit parah fatal, dengan tingkat kematian kasus hingga 90%. Ini adalah salah satu infeksi yang paling mematikan. Penularan nya melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh dan jaringan hewan yang terinfeksi atau manusia. Pasien yang sakit membutuhkan perawatan intensif. Selama wabah, mereka yang berisiko tinggi terinfeksi adalah petugas kesehatan, anggota keluarga dan orang lain dalam kontak dekat dengan orang sakit dan pasien meninggal.
Wabah penyakit virus Ebola dapat menghancurkan keluarga dan masyarakat, tetapi infeksi dapat dikontrol melalui penggunaan langkah-langkah perlindungan yang direkomendasikan di klinik dan rumah sakit, di pertemuan komunitas, atau di rumah.
Virus mematikan ini menggunakan nama Sungai Ebola yang terletak di Republik Demokratik Kongo di mana virus ini pertama kali dilaporkan, dan diklasifikasikan sebagai CDC Biosafety Level 4, alias BSL-4, membuatnya menjadi salah satu patogen paling berbahaya di planet ini. Hal ini diduga menyebar melalui kontak dekat dengan cairan tubuh. EHF memiliki tingkat kematian 50 sampai 90 persen, dengan gejala cepat yang dimulai dengan sakit kepala dan sakit tenggorokan dan peningkatan pendarahan internal dan eksternal utama dan kegagalan berbagai organ. Dikenal dengan tidak ada obat nya.
“Bumi berusaha untuk melepaskan diri dari infeksi oleh parasit manusia.”
– Richard Preston, The Hot Zona
IMG_1722.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
2. Marburg
Penyakit virus Marburg (MVD) (sebelumnya dikenal sebagai demam berdarah Marburg) pertama kali diidentifikasi pada tahun 1967 selama wabah di Marburg dan Frankfurt di Jerman dan Belgrade di bekas Yugoslavia akibat dari monyet yang diimpor dari Uganda. MVD adalah penyakit parah dan sangat fatal yang disebabkan oleh virus dari keluarga yang sama seperti salah satu yang menyebabkan penyakit virus Ebola. Virus ini adalah salah satu patogen paling ganas yang dikenal menginfeksi manusia. Kedua penyakit ini jarang ditemukan, tetapi memiliki kapasitas untuk menyebabkan wabah dramatis dengan kematian yang tinggi.
Penyakit yang disebabkan oleh virus Marburg dimulai tiba-tiba, disertai sakit kepala berat dan malaise berat. Banyak pasien mengembangkan manifestasi perdarahan yang parah antara hari 5 dan 7, dan kasus yang fatal biasanya memiliki beberapa bentuk perdarahan. Angka kematian kasus ini sangat bervariasi, dari 25% pada awal laboratorium terkait wabah pada tahun 1967, lebih dari 80% di Republik Demokratik Kongo pada 1998-2000 dan wabah di Angola pada tahun 2005.
Virus Marburg ditularkan melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh dan jaringan orang yang terinfeksi. Penularan virus Marburg juga terjadi dengan penanganan hewan sakit atau mati akibat terinfeksi hewan liar (monyet, kelelawar buah).
“Seni kedokteran kadang membingungkan pasien sementara alam banyak menyembuhkan penyakit”
– Voltaire
3. Hantavirus
IMG_1724.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Infeksi hantavirus dapat berkembang menjadi Syndrome hantavirus paru-paru (HPS), yang bisa berakibat fatal. Orang bisa terinfeksi melalui kontak dengan hewan pengerat yang terinfeksi hantavirus atau urin dan kotoran. Hantavirus, yang ditemukan pada tahun 1993, adalah salah satu dari beberapa hantaviruses Jaman Modern yang beredar di AS. Hantaviruses Jaman Dahulu, ditemukan di Asia, dapat menyebabkan Dengue dengan Renal Syndrome (HFRS). Kontrol hewan pengerat di dalam dan sekitar rumah menjadi strategi utama untuk mencegah infeksi hantavirus. Semua kasus infeksi hantavirus telah dilaporkan kepada CDC (pusat pengendalian dan pencegahan penyakit).
Ada banyak pola penyebaran hantavirus dimulai dari tikus yang membawa virus. Pola yang berbeda, dibawa oleh spesies hewan pengerat yang berbeda, diketahui menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia, terutama demam berdarah dengan sindrom renal (HFRS) -Pertama ditemukan selama Perang Korea-dan sindrom paru-paru hantavirus (HPS), yang mewabah di Barat Daya Amerika Serikat. HFRS menyebabkan gagal ginjal akut, sedangkan HPS merenggut nyawa manusia dengan mengisi paru-paru dengan cairan (edema). HFRS memiliki tingkat kematian 1 sampai 15 persen, sedangkan HPS adalah 38 persen. Amerika Serikat mengalami wabah terbaru dari hantavirus-HPS di Yosemite National Park pada akhir 2012.
“Lihatlah, Hantavirus telah menunggu Anda. Ebola dan hutan hujan tropis memasak semua jenis ramuan untuk memastikan bahwa penduduk terjaga dalam kontrol. Semua hal ini diperlukan. Mengapa ada peningkatan penyimpangan seksual saat ini? Karena bertentangan seks prokreasi. Alam tidak menginginkan anak lagi. Ini bukan saat kelahiran. Ini bukan waktu untuk melahirkan, itu adalah waktu untuk mati. Alkitab mengatakan segala sesuatu di bawah langit dan itu termasuk kematian serta kehidupan. Anda di luar sana, Anda yang nyaman, Anda yang menudingkan jari. Anda mengatakan pecandu adalah masalah, Anda mengatakan penyimpangan seksual, pembunuh berantai, rasis, dan orang yang membenci sesamanya adalah masalahnya. Tapi mereka bukanlah masalah. Kau lah masalah. Penyimpangan seksual, pembunuh, pembunuh berantai, pengambil kehidupan manusia adalah obatnya, Anda lah masalahnya. “
– Joe Coleman
4. Lassa
IMG_1725.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Demam Lassa adalah penyakit virus akut yang terjadi di Afrika barat. Penyakit ini ditemukan pada tahun 1969 ketika dua perawat misionaris meninggal di Nigeria. Virus ini dinamai berdasarkan kota di Nigeria di mana kasus pertama terjadi. Virus ini, anggota dari keluarga virus Arenaviridae, adalah virus RNA beruntai tunggal dan zoonosis, atau bawaan hewan.
Demam Lassa merupakan endemik di beberapa bagian Afrika barat termasuk Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria; Namun, negara-negara tetangga dari negara-negara tersebut juga berisiko, sebagai vektor hewan untuk virus Lassa, yang “tikus multimammate” (Mastomys natalensis) didistribusikan di seluruh wilayah. Pada tahun 2009, kasus pertama dari Mali dilaporkan pada wisatawan yang tinggal di Mali selatan; Ghana melaporkan kasus pertama pada tahun 2011 akhir, kasus terisolasi juga telah dilaporkan di Pantai Gading dan Burkina Faso dan ada bukti serologis infeksi virus Lassa di Togo dan Benin.
Jumlah infeksi virus Lassa per tahun di Afrika Barat diperkirakan 100.000 sampai 300.000, dengan sekitar 5.000 kematian. Sayangnya, perkiraan tersebut mentah, karena pengawasan untuk kasus-kasus penyakit tidak dilakukan secara seragam. Di beberapa daerah di Sierra Leone dan Liberia, diketahui bahwa 10% -16% orang masuk rumah sakit setiap tahun mengalami demam Lassa, yang menunjukkan dampak serius penyakit pada penduduk di wilayah ini.
Virus BSL-4 ini memberi kita alasan lain untuk menghindari tikus. Penyebaran virus melalui manusia, bagaimanapun, hanya dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh. Demam Lassa, yang memiliki tingkat kematian 15 sampai 20 persen, menyebabkan sekitar 5000 kematian per tahun di Afrika Barat, khususnya di Sierra Leone dan Liberia. Dimulai dengan demam dan rasa sakit retrosternal (di belakang dada) dan dapat berkembang menjadi pembengkakan wajah, ensefalitis, perdarahan mukosa dan tuli. Untungnya, peneliti dan profesional medis telah menemukan beberapa keberhasilan dalam mengobati demam Lassa dengan obat antivirus pada tahap awal penyakit.
“Melihat perawatan kesehatan modern dari sisi lain, saya dapat mengatakan bahwa itu jelas tidak diatur untuk pasien. Hal ini sering menjadi pengaturan yang buruk untuk dokter juga, tapi itu tidak mengurangi betapa sedikit sistem yang memberikan sumbangsih demi kepentingan yang terbaik untuk pasien. Hanya ketika Anda berada di posisi yang paling lemah dan paling tidak mampu membuat semua panggilan telepon, melintasi labirin asuransi, dan memohon untuk referensi layanan kesehatan sementara saat itu anda harus melakukan nya ?? hidup Anda mungkin tergantung pada hal-hal itu. “
– Ross I. Donaldson, The Lassa Ward: One Man’s Fight Against One of the World Deadliest Diseases.
5. Rabies
IMG_1727.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Rabies adalah virus yang penularan nya melalui gigitan hewan. Sebagian besar kasus rabies dilaporkan kepada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) setiap tahun terjadi pada hewan liar seperti rakun, sigung, kelelawar, dan rubah.
Virus rabies menginfeksi sistem saraf pusat, yang menyebabkan penyakit pada otak dan kematian. Gejala awal rabies pada manusia mirip dengan banyak penyakit lain, termasuk demam, sakit kepala, dan kelemahan umum atau ketidaknyamanan. Sebagai penyakit berlangsung, gejala yang lebih spesifik muncul dan mungkin termasuk insomnia, kecemasan, kebingungan, kelumpuhan ringan atau parsial, eksitasi, halusinasi, agitasi, hipersalivasi (peningkatan air liur), kesulitan menelan, dan penyakit anjing gila (takut air). Kematian biasanya terjadi dalam beberapa hari setelah timbulnya gejala tersebut.
Rabies memiliki sejarah panjang dimulai dari tahun 2300 SM, dengan catatan penduduk Babylonia menjadi gila dan meninggal setelah digigit oleh anjing. Virus ini sendiri menyebar melalui gigitan binatang, penyakit ini dapat dicegah jika segera diobati dengan serangkaian vaksinasi. Kita memiliki vaksin tersebut, dan kita harus berterima kasih pada sang penemu, Louis Pasteur.
Paparan rabies hari ini, sementara jarang terjadi di AS, masih terjadi seperti yang terjadi ribuan tahun yang lalu-melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi. Jika tidak diobati, virus menyerang sistem saraf pusat dan kematian biasanya terjadi. Gejala infeksi lanjutan termasuk delirium, halusinasi dan mengamuk, perilaku kekerasan dalam beberapa kasus, yang beberapa argumentasi membuat rabies menakutkan mirip dengan zombifikasi. Jika rabies menyebar melalui udara, kita mungkin benar-benar harus mempersiapkan terjadi nya kiamat zombie, seperti yang terlihat dalam game-game bergenre zombie.
“Seekor anjing yang memiliki rabies mungkin akan melakukan hal-hal yang tidak akan dilakukan jika tidak memiliki rabies. Tapi itu tidak mengubah fakta bahwa ia memiliki rabies.”
– John Malkovich
6. Cacar
IMG_1728.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Cacar adalah penyakit menular akut yang disebabkan oleh virus variola, anggota keluarga Orthopoxvirus. Ini adalah salah satu penyakit yang paling menghancurkan di dunia. Cacar dinyatakan dibasmi pada 1980, menyusul kampanye imunisasi global yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia.
Cacar ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan infektif selama kontak dekat dengan orang yang terinfeksi gejala. Vaksin diberikan sampai 4 hari setelah paparan tersedia kekebalan protektif dan mencegah infeksi dan mengurangi keparahan penyakit.
Kasus alami terakhir diketahui berada di Somalia pada 1977 Sejak itu, kasus-kasus hanya terjadi disebabkan oleh kecelakaan laboratorium pada tahun 1978 di Birmingham,
Inggris, yang menewaskan satu orang dan menyebabkan wabah yang terbatas.
Virus yang menyebabkan cacar menyapu bersih ratusan juta orang di seluruh dunia selama ribuan tahun. Kita bahkan tidak bisa lagi menyalahkan hewan , karena virus ini hanya dilakukan oleh dan menular bagi manusia. Ada beberapa jenis penyakit cacar yang dihasilkan dari infeksi mulai dari ringan sampai fatal, tetapi umumnya ditandai dengan demam, ruam, dan terik, mengalir pustula yang berkembang pada kulit. Untungnya, cacar dinyatakan dibasmi pada tahun 1979, sebagai hasil dari sukses nya penerapan vaksin di seluruh dunia.
“Cacar itu selalu hadir, mengisi halaman gereja dengan mayat, menyiksa dengan ketakutan konstan bagi semua orang yang telah terserang, meninggalkan pada mereka yang hidupnya itu terhindar jejak mengerikan dari kekuatannya, mengubah bayi itu menjadi aneh di mana sang ibu menggigil, dan membuat mata dan pipi objek gadis menjadi horor untuk sang kekasih. “
T.B. Macaulay
The History of England from the Accession of James II, Vol IV
7. Dengue
IMG_1729.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Dengan lebih dari sepertiga dari populasi dunia yang hidup di daerah-daerah berisiko terinfeksi, virus dengue merupakan penyebab utama penyakit dan kematian di daerah tropis dan subtropis. Sebanyak 400 juta orang terinfeksi setiap tahun. Dengue disebabkan oleh salah satu dari empat virus terkait yang ditularkan oleh nyamuk. Belum ada vaksin untuk mencegah infeksi dari virus dengue dan upaya perlindungan yang paling efektif adalah menghindari gigitan nyamuk. Ketika terinfeksi, pengenalan dini dan pengobatan suportif yang cepat secara substansial dapat menurunkan risiko komplikasi medis dan kematian.
Dengue telah muncul sebagai masalah di seluruh dunia sejak 1950-an. Meskipun dengue jarang terjadi di daratan Amerika Serikat, dengue adalah endemik di Puerto Rico dan banyak tujuan wisata populer di Amerika Latin, Asia Tenggara dan pulau-pulau Pasifik.
Penyebab utama kematian di daerah tropis dan subtropis adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, yang menyebabkan demam tinggi, sakit kepala parah, dan, dalam kasus-kasus terburuk, pendarahan. Kabar baiknya adalah bahwa hal itu dapat diobati dan tidak menular. Kabar buruknya adalah tidak ada vaksin, dan Anda bisa mendapatkan virus ini dengan mudah dari gigitan nyamuk-yang terinfeksi menempatkan setidaknya sepertiga dari populasi manusia di dunia menjadi sangat berisiko. CDC memperkirakan bahwa ada lebih dari 100 juta kasus demam berdarah setiap tahun. Virus ini adalah alat pemasaran yang hebat untuk semprotan nyamuk.
“Jika apa yang Proust kata kan benar, bahwa kebahagiaan adalah ketika tidak adanya demam, maka saya tidak akan pernah tahu kebahagiaan.”
 Anais Nin
8. Influenza
IMG_1730.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Aktivitas flu sangat rendah di seluruh Amerika Serikat, tetapi virus influenza beredar sepanjang tahun dan wabah flu dapat terjadi selama bulan-bulan musim panas. CDC merekomendasikan vaksinasi flu untuk mencegah influenza dan obat antivirus untuk pengobatan, terutama bagi orang-orang berisiko tinggi. Semua vaksin flu yang beredar pada 2013-2014 akan berakhir pada akhir Juni. Vaksin untuk musim depan diharapkan akan tersedia mulai akhir musim panas.
Tidak ada virus yang dapat mengklaim lebih hebat dari pada influenza yang menyebabkan pandemi di seluruh dunia. Wabah flu di Spanyol tahun 1918 dianggap sebagai salah satu pandemi terburuk dalam sejarah manusia, menginfeksi 20 sampai 40 persen dari populasi dunia dan membunuh 50 juta dalam rentang waktu hanya dua tahun. Flu babi adalah pembuat berita terakhirnya, ketika pandemi tahun 2009 mungkin telah mengakibatkan sebanyak 89 juta orang yang terinfeksi di seluruh dunia.
Vaksin influenza yang efektif telah tersedia, dan kebanyakan orang dengan mudah bertahan dari infeksi. Tapi penyakit pernafasan yang sangat menular adalah virus licik yang terus bermutasi dan menciptakan strain baru. Ribuan strain yang ada pada waktu tertentu, banyak dari mereka tidak berbahaya, dan vaksin tersedia di AS hanya mencakup sekitar 40 persen dari strain pada umumnya setiap tahun.
“Pandemi influenza harus diperhatikan secara serius, karena kemampuan mereka untuk menyebar dengan cepat ke setiap negara di dunia.”
Margaret Chan
9. Crimean-Congo Haemorrhagic Fever
IMG_1731.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Hemoragik demam Krimea-Kongo (CCHF) adalah penyakit luas yang disebabkan oleh virus kutu (Nairovirus) dari keluarga Bunyaviridae. Virus CCHF adalah penyebab wabah virus demam berdarah yang parah, dengan tingkat kematian kasus 10-40%.
CCHF adalah endemik di Afrika, Balkan, Timur Tengah dan negara-negara Asia selatan utara.
Demam berdarah Krimea-Kongo adalah penyakit yang umum ditularkan oleh virus kutu-Bourne. Virus penyebab utama wabah demam berdarah dengan tingkat kematian hingga 30%. Hal ini terutama ditularkan ke manusia melalui kutu dan ternak. Penularan dari orang ke orang terjadi melalui kontak langsung dengan darah, dan cairan tubuh lainnya dari orang yang terinfeksi. Tidak ada vaksinasi ada untuk manusia dan hewan terhadap CCHF.
“Untuk menjaga tubuh dalam kesehatan yang baik adalah tugas kita… sebaliknya kita tidak akan mampu menjaga pikiran kita untuk tetap kuat dan jernih.”
-Buddha
10. Flu burung
IMG_1732.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Flu burung adalah infeksi yang disebabkan oleh virus influenza (flu) A unggas (burung). Virus influenza A ini terjadi secara alami di antara burung. Burung liar di dunia mendapatkan infeksi flu A dalam usus mereka, tetapi biasanya tidak menderita sakit dari infeksi flu tersebut. Namun, flu burung sangat menular di antara burung dan beberapa dari virus ini dapat membuat jenis burung peliharaan tertentu, termasuk ayam, bebek, dan kalkun, menjadi sakit dan membunuh mereka.
Unggas yang terinfeksi dapat melepaskan virus influenza dalam air liur mereka, sekresi hidung, dan kotoran. Burung menjadi rentan terinfeksi ketika mereka memiliki kontak dengan kotoran yang terkontaminasi atau dengan permukaan yang terkontaminasi dengan kotoran dari burung yang terinfeksi. Burung peliharaan dapat terinfeksi dengan virus flu burung melalui kontak langsung dengan unggas air yang terinfeksi atau unggas yang terinfeksi lainnya, atau melalui kontak dengan permukaan (seperti kotoran atau kandang) atau bahan (seperti air atau pakan) yang telah terkontaminasi dengan virus.
Infeksi dengan virus flu burung pada unggas domestik menyebabkan dua bentuk utama dari penyakit yang dibedakan oleh ekstrim rendah dan tinggi virulensi. Bentuk “patogen rendah” mungkin tidak terdeteksi dan biasanya hanya menyebabkan gejala ringan (seperti bulu rontok dan penurunan produksi telur). Namun, bentuk yang sangat patogen menyebar lebih cepat melalui kawanan unggas. Bentuk ini dapat menyebabkan penyakit yang mempengaruhi beberapa organ dan memiliki tingkat kematian yang bisa mencapai 90-100% dalam waktu 48 jam.
Flu burung adalah penyakit virus menular yang biasa ditemukan pada burung, terutama unggas air liar seperti bebek dan angsa. Hal ini dapat menyebar ke unggas domestik dan menyebabkan wabah besar
Kebanyakan virus burung tidak berbahaya bagi manusia. Namun, A (H5N1) dan A (H7N9) telah menyebabkan infeksi parah pada manusia. Tingkat kematian untuk A (H5N1) dan A (H7N9) lebih tinggi dari influenza musiman. Virus ditularkan melalui kontak langsung dengan unggas hidup atau mati atau paparan lingkungan yang terkontaminasi, seperti peternakan unggas dan pasar yang menjual beli unggas hidup.
“Ketika ada ancaman influenza, tinggalkan lah semuanya dan fokus pada risiko dari pandemi influenza. Ketika SARS menyebar, fokus pada penyakit pernapasan yang tidak diketahui. Pendekatan ini membantu untuk memadamkan perhatian publik, tapi itu adalah cara yang sangat efisien untuk menangani risiko di masa mendatang”.
-Nathan Wolfe
11. S.A.R.S
IMG_1733.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Sindrom pernafasan akut (SARS) adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus coronavirus. SARS pertama kali dilaporkan di Asia pada Februari 2003 Penyakit menyebar ke lebih dari dua lusin negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia sebelum wabah global SARS tahun 2003.
Sejak tahun 2004, belum ada kasus yang diketahui dari SARS yang dilaporkan.
SARS atau sindrom pernapasan akut parah adalah penyakit pernafasan parah yang disebabkan oleh coronavirus. Ini pertama kali dilaporkan di Asia sebelum menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa dalam wabah di seluruh dunia pada tahun 2003 Menurut WHO, sebanyak 8.098 orang di seluruh dunia terinfeksi selama 2003 wabah. 774 ini telah meninggal.
Virus SARS ditularkan melalui droplet pernapasan yang dihasilkan saat batuk atau bersin. Infeksi terjadi ketika tetesan dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi di mulut, mata atau hidung dari orang lain. Infeksi juga dapat terjadi ketika seseorang menyentuh suatu benda atau permukaan yang terkontaminasi dengan tetesan menular dan kemudian menyentuh mulut.
“di sini terdapat ketenaran, keberuntungan, dan anggaran yang besar dalam membunyikan alarm ‘munculnya infeksi’ dan peringatan dari kebodohan ketidak siapan kami yang mengerikan.” ——- Michael Fumento, National Post, 28 Maret 2003
12. Malaria
IMG_1734.JPG
17 jenis virus mematikan yang harus anda waspadai
Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh parasit. Orang yang mengidap malaria sering mengalami demam, menggigil, dan penyakit seperti flu. Jika tidak diobati, mereka dapat mengembangkan komplikasi parah dan mati. Pada tahun 2010 diperkirakan 219 juta kasus malaria terjadi di seluruh dunia dan 660.000 orang meninggal, sebagian besar (91%) di Wilayah Afrika.
Malaria adalah penyakit serius yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang menginfeksi Anopheles nyamuk yang menggigit manusia. Gejala awal berupa demam tinggi, menggigil, sakit kepala dan muntah – gejala yang mungkin terlalu ringan untuk diidentifikasi sebagai malaria. Jika tidak diobati dalam waktu 24 jam, dapat berkembang menjadi penyakit parah yang bisa mengakibatkan kematian.
WHO memperkirakan bahwa malaria menyebabkan 207.000.000 episode klinis dan 627.000 kematian, sebagian besar di antara nya adalah anak-anak Afrika, pada tahun 2012. Sekitar 3,5 miliar orang dari 167 negara tinggal di daerah yang beresiko penularan malaria.
“Parasit malaria telah membunuh anak-anak dan melemahkan kekuatan seluruh populasi selama puluhan ribu tahun. Tidak mungkin untuk menghitung kerugian yang telah ditimbulkan oleh malaria terhadap dunia.”
-Bill Gates
13. Demam tifoid/tipes
IMG_1735.JPG
17 jenis virus mematikan
Demam tifoid adalah penyakit yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Di Amerika Serikat, diperkirakan bahwa sekitar 5.700 kasus terjadi setiap tahun. Sebagian besar kasus (hingga 75%) diperoleh saat bepergian secara internasional. Demam tifoid masih umum di negara berkembang, di mana hal itu mempengaruhi sekitar 21,5 juta orang setiap tahun.
Demam tifoid dapat dicegah dan biasanya dapat diobati dengan antibiotik.
Demam tifoid adalah penyakit serius dan berpotensi fatal yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri jenis ini hanya hidup di manusia. Orang yang mengidap demam tifoid membawa bakteri dalam aliran darah mereka dan saluran usus dan menularkan bakteri melalui tinja mereka.
Seseorang bisa mendapatkan demam tifoid dengan minum atau makan makanan yang terkontaminasi dengan Salmonella Typhi atau jika limbah terkontaminasi masuk ke air yang digunakan untuk minum atau mencuci piring.
Gejala demam tifoid termasuk demam tinggi, lemah, sakit kepala, sakit perut atau kehilangan nafsu makan. Demam tifoid ditentukan dengan menguji keberadaan Salmonella Typhi dalam tinja atau darah dari orang yang terinfeksi. Demam tifoid diobati dengan antibiotik.
“Studi kami menunjukkan bahwa semua kasus tifoid muncul melalui kontak, yaitu dilakukan secara langsung dari satu orang ke orang lain. Tidak ada jejak koneksi melalui cairan yang diminum.”
-Robert Koch
14. Kolera
IMG_1736.JPG
jenis - jenis virus mematikan
Kolera adalah infeksi usus akut yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dengan bakteri Vibrio cholerae. Memiliki masa inkubasi singkat, kurang dari satu hari sampai lima hari, dan menghasilkan enterotoksin yang menyebabkan, tanpa rasa sakit, diare berair berlebihan yang cepat dapat menyebabkan dehidrasi parah dan kematian jika pengobatan tidak segera diberikan. Muntah juga terjadi pada kebanyakan pasien.
Kolera tetap menjadi masalah global dan terus menjadi tantangan bagi negara-negara yang mengalami masalah akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi.
“Orang-orang menghabiskan waktu berpikir tentang bagaimana mereka benar-benar ingin hidup. Aku bertanya pada teman-teman dan tak seorang pun tampaknya tahu dengan sangat jelas. Bagi saya itu sangat jelas sekarang. Saya berharap hidup saya bisa saja seperti tahun-tahun ketika saya sedang menulis ‘Love in The Time of Cholera.'”
-Gabriel Garcia Marquez
15. Demam Kuning
IMG_1737.JPG
jenis-jenis virus berbahaya
Demam kuning adalah virus demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi.
Demam kuning telah mewabah dari 400 tahun yang laku. Infeksi menyebabkan spektrum yang luas dari penyakit, dari gejala ringan sampai penyakit berat dan kematian. Warna kuning secara literatur dijelaskan oleh penyakit kuning yang mempengaruhi beberapa pasien, menyebabkan mata kuning dan kulit kuning.
Ada tiga jenis siklus penularan: sylvatic, menengah dan perkotaan. Semua tiga siklus ada di Afrika, tapi di Amerika Selatan, hanya terjadi sylvatic dan demam kuning perkotaan.
Demam kuning Sylvatic terjadi di hutan hujan tropis di mana monyet, terinfeksi oleh nyamuk sylvatic, menyebarkan virus ke nyamuk lain yang menggigitnya; nyamuk ini, pada gilirannya menggigit dan menginfeksi manusia yang memasuki hutan. Ini menghasilkan kasus sporadis, sebagian besar menjangkiti orang-orang yang bekerja di hutan misal nya yang bekerja di bagian logging.
Siklus menengah transmisi demam kuning terjadi pada savana lembab atau semi-lembab Afrika, dan dapat menghasilkan epidemi skala kecil di pedesaan. Nyamuk Semi-domestik menginfeksi monyet dan manusia dan peningkatan kontak antara manusia dan nyamuk yang terinfeksi menyebabkan penyakit. Ini adalah jenis yang paling umum dari wabah yang terlihat dalam beberapa dekade terakhir di Afrika.
Deman kuning Perkotaan mengalami ledakan epidemi besar ketika wisatawan dari daerah pedesaan menyebarkan virus ke daerah-daerah dengan kepadatan populasi manusia yang tinggi. Nyamuk domestik, terutama Aedes aegypti, membawa virus dari orang ke orang. Wabah ini cenderung menyebar keluar dari satu sumber untuk menjangkau area yang luas.
Demam kuning dapat dicegah dengan vaksinasi. Untuk melindungi orang yang tinggal di daerah beresiko tinggi terhadap penularan demam kuning, WHO menerapkan strategi ganda untuk pencegahan epidemi demam kuning pada kampanye imunisasi massal pencegahan diikuti oleh imunisasi rutin pada bayi.
Demam kuning menyebabkan epidemi yang dapat mempengaruhi 20% dari populasi. Ketika epidemi terjadi pada populasi yang tidak divaksinasi, tingkat fatalitas kasus dapat melebihi 50%.
Penyakit ini biasanya terjadi dalam dua tahap. Tahap pertama biasanya menyebabkan demam, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri punggung, menggigil dan mual. Kebanyakan pasien pulih dari gejala-gejala ini sementara 15% berkembang ke tahap kedua yang sangat beracun. Kembali demam tinggi, sakit kuning menjadi jelas, pasien mengeluh nyeri perut dengan muntah, dan pendarahan di mulut, mata, hidung atau perut terjadi. Darah muncul dalam tinja atau muntah dan fungsi ginjal memburuk. 50% dari pasien yang memasuki fase beracun mati dalam waktu 10 sampai 14 hari.
Tidak ada pengobatan untuk demam kuning. Pasien hanya diberikan perawatan suportif untuk demam, dehidrasi dan gagal napas. Demam kuning dapat dicegah melalui vaksinasi.
“Alam telah menemukan tempat yang sempurna untuk menyembunyikan virus demam kuning. Virus ini berkembang sendiri dan tumbuh dalam darah, mekar kuning dan merah berjalan. “
– Molly Caldwell Crosby, The American Plague: The Untold Story of Yellow Fever, the Epidemic that Shaped Our History
16. Anthrax
IMG_1738.GIF
virus-virus mematikan
Anthrax adalah penyakit menular serius yang disebabkan oleh bakteri berbentuk batang gram positif dikenal sebagai Bacillus anthracis. Anthrax dapat ditemukan secara alami dalam tanah dan sering mempengaruhi hewan di seluruh dunia. Meskipun jarang, orang bisa sakit karena anthrax jika mereka melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi atau produk hewan yang terkontaminasi.
Bakteri Bacillus anthracis menghasilkan spora yang dapat hidup selama bertahun-tahun di dalam tanah. Anthrax lebih sering terjadi pada hewan ternak, meskipun manusia dapat terinfeksi juga. Anthrax tidak menular. Seseorang dapat terinfeksi hanya ketika bakteri masuk ke dalam kulit, paru-paru atau saluran pencernaan.
Ada tiga jenis antraks: antraks kulit, antraks inhalasi dan antraks gastrointestinal. Gejala antraks kulit termasuk demam, nyeri otot, sakit kepala, mual dan muntah. Antraks inhalasi dimulai dengan gejala seperti flu, yang berlangsung dengan gangguan pernapasan berat. Syok, koma dan kemudian kematian. Kebanyakan pasien tidak sembuh bahkan jika diberikan antibiotik yang tepat karena racun yang dikeluarkan oleh bakteri anthrax. Gejala antraks gastrointestinal termasuk demam, mual, sakit perut dan diare berdarah.
Anthrax diobati dengan antibiotik.
“Jika Anda mengambil semua senjata biologis di Amerika Serikat kita masih memiliki satu individu yang mampu membuat anthrax, dan menyebarkannya melalui surat dan menyebabkan teror.”
-Hans Blix
17. HIV
IMG_1739.PNG
virus - virus mematikan
AIDS (Acquired immune deficiency syndrome atau acquired immunodeficiency syndrome) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut HIV (Human Immunodeficiency Virus). Penyakit ini mengubah sistem kekebalan tubuh, membuat orang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.
HIV ditemukan dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi (sperma dan cairan vagina, darah dan air susu ibu). Virus ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui darah-ke-darah dan kontak seksual. Selain itu, wanita hamil yang terinfeksi dapat menularkan HIV kepada bayi mereka selama kehamilan, melahirkan bayi saat persalinan, dan saat menyusui.
HIV dapat ditularkan dengan berbagai cara, seperti vagina, oral seks, anal seks, transfusi darah, dan jarum suntik yang terkontaminasi.
Kedua virus dan penyakit ini sering disebut bersama-sama sebagai HIV / AIDS. Orang yang terjangkit HIV memiliki apa yang disebut infeksi HIV. Perkembangan berbagai infeksi oportunistik pada pasien AIDS akhirnya dapat menyebabkan kematian.
Menurut penelitian, asal-usul HIV dimulai di akhir abad kesembilan belas atau awal abad kedua puluh di Afrika barat-tengah. AIDS dan penyebabnya, HIV, pertama kali diidentifikasi di awal 1980-an.
Saat ini tidak ada obat untuk HIV / AIDS. Perawatan dapat memperlambat perjalanan penyakit – beberapa orang yang terinfeksi bisa hidup panjang dan relatif sehat.
HIV adalah epidemi di seluruh dunia. Menurut WHO, 35 juta orang di dunia hidup dengan HIV dengan 2,1 juta orang baru terinfeksi pada akhir 2013.
HIV / AIDS masih belum ada obatnya.
“Ketika saya pertama kali mengetahui mengidap HIV, saya harus menemukan seseorang yang mengalami nya juga, yang bisa membantu saya memahami perjalanan saya dan apa yang saya akan harus lakukan. Saya menemukan bahwa seseorang bernama Elizabeth Frazier hidup bersama AIDS pada saat itu, dan jadi aku meneleponnya, dan dia melakukan pertemuan dengan saya.”
-Magic Johnson

jangn lupa titipkan komentar ya!!!
Share This Article
Komentar Anda

2 komentar

Powerful way to crush peyakit hemorrhoid hemorrhoids without surgery, short and powerful treatment


obat wasir