Data 10 Negara Penderita HIV/ AIDS terbanyak


UNAIDS ( United Nations Programme on HIV/AIDS) sebagai badan dunia yang paling berkompeten terhadap penanggulangan HIV/AIDS belum mempublikasikan data akurat penderita HIV/AIDS tahun 2010.

Globalhealthfacts.org meninggalkan catatan kecil di akhir data, bahwa data merekalah yang paling akurat, sedangkan UNAIDS hanya memperkirakan dan memberi rentang saja terhadap penderita terbanyak dimasing-masing negara.

Penyakit HIV/ AIDS sekarang ini tidak saja isu kesehatan, tapi telah merambah isu global tentang politik,ekonomi, sosial dan budaya.

Pemerintah India pernah memprotes keras tentang data global yang menggambarkan India sebagai negara penderita HIV/ AIDS terbesar di dunia. Ketua lembaga pemberantasan AIDS India mengatakan laporan bahwa India sebagai penderita AIDS terbanyak didunia adalah omong kosong.

Catatan:
Berdasarkan data globalhealthfacts.org, Indonesia berada diurutan 15 dengan jumlah penderita 310,000 jiwa, sementara data yang dikeluarkan Kemenkes Secara kumulatif kasus AIDS di Indonesia sejak 1 Januari 1987 sampai dengan 31 Maret 2010, adalah sebanyak 20.564 kasus.


Bagaimana pendapat anda terhadap data yang dikeluarkan globalhealthfacts.org? apa bisa kita percaya dan mungkinkah isu HIV/AIDS senjata ampuh untuk memperburuk citra suatu negara? mengingat implikasinya dibidang ekonomi, dimana investor akan enggan berinvestasi serta turis mancanegara takut berkunjung pada suatu negara yang diberi label negara penderita HIV/ AIDS tertinggi atau terbanyak dunia.

Referensi:
http://www.globalhealthfacts.org/topic.jsp?i=1&srt=2#table
http://www.unaids.org/GlobalReport/Global_report.htm
http://www.aidsindonesia.or.id/repo/LT1Menkes2010.pdf
http://berita.kapanlagi.com/pernik/disebut-negara-penderita-aids-terbanyak-india-berang-ftd8fwz_print.html
Share This Article
Komentar Anda

1 komentar:

untung indonesia ngak masuk