Khasiat surah Al-ikhlas


Disebut surah Al-ikhlas, karena dapat menyelamatkan orang yang membacanya dari kesulitan dunia ataupun akhirat. Dari kesulitan sakaratul maut, dari kesulitan kegelapan malam dan dari kesulitan dihari kiamat nanti.
dalam sebuah kisah diceritakan, bahwa ada seorang laki-laki meninggal dunia. Maka pada malam ituayahnya melihat anaknya dalam mimpi seakan -akan berada dineraka Jahannam dalam keadaan terbelenggu. Kemudian pada malam keduanya dia melihat berada disurga. Maka dia bertanya: Aku melihat semalam kamu seperti itu, maka bagaimana sekarang bisa seperti ini (kemarin dineraka dan malam ini disurga).

Anak itu menjawab : "Ada orang melewati kubur kami, dan dia membaca surah al-ikhlas sebanyak 3 kali, lalu pahalanya diberikan kepada kami, dan inilah yang engkau lihat adalah bagianku dari pahala itu".

Dalam riwayat lain diceritakan , bahwa ketika rasulullah Saw. Keluar pergi hijrah kemadinah, maka seluruh kaum kafir mekkah berkumpul di pintu darun Nadwah, dalam suatu pertemuan yang dipimpin oleh Abu Jahal. Dalam pertemuan itu mereka sepakati , bahwa barang siapa yang mendatangkan Muhammad kepada kami hidup atau mati, maka akan kami beri hadiah 100 onta merah yang hitam matanya, ditambah 100 kuda arab.

Tiba - tiba seorang lelaki bernama suraqah bangkit berdiri seraya berkata dengan lantang: " Aku sanggup mendatangkan Muhammad kehadapan kalian". Kemudian orang-orang kafir mekkah mengumpulkan hadiah-hadiah yang mereka janjikan untuk suraqah.Kemudian suraqah berangkat mengejar rasulullah saw. Dan dalam waktu sekejap , suraqah bisa menyusul beliau, dan dengan tidak diketahui Rasulullah saw. Suraqah menghunus pedang dan menikamkannya.

Dalam pada itu malaikat Jibril turun memberi tahu kepada rasulullah saw. Lalu berkata: "hai rasulullah, Allah telah menundukkan bumi untuk mentaati perintahmu".
setelah beliau telah diberitahu oleh malaikat jibril, lalu beliau bersabda: "hai bumi tengggelamkan kuda suraqah ini". Maka tiba-tiba kaki kuda suraqah tenggelam sampai lututnya dan suraqah sendiri meneruskan perjalanannya pura-pura tidak tahu.

Kejadian itu membuat suraqah berteriak-teriak memanggil muhammad, tolonglah aku, aku tidak akan membunuhmu , marilah kita berdamai.
Kemudian rasulullah saw bedoa kepada Allah sehingga suraqah bisa selamat berkat do'a belia. Setelah suraqah selamat dan berjalan beberapa langkah, lalu ia menghunuskan pedangnya sekali lagi dan nyaris mengenai kulit rasulullah sa, tiba-tiba kaki kudanyapun tenggelam dibumi sampai kepusatnya, dan bahkan lebih dalam lag. sedang sueaqah sendiri jatuh terpelanting untuk yang kedua kalinya. sementara nabi saw terus meneruskan perjalanannya pura-pura tidak tahu. Dan dalam pada itu, suraqah berteriak-teriak memanggil : "hai Muhammad tolonglah aku , aku tidak akan membunuhmu, aku tidak akan berbuat gitu lagi".

kemudian rasulullah saw berdoa kepada Allah, sehingga suraqah bisa diselamatkan berkat do'a beliau ini. Dan kali ini suraqah datang mendekat , lalu bersimpuh dihadapan nabin seraya berkata : "wahai Muhammad beritahukanlah kepadaku tentang tuhan mu itu dari emas ataukah perak?'.

Mendengar pertanyaan suraqah itu, rasulullah saw menundukkan kepalanya seraya diam sejenak. kemudian tidak beberapa lama malaikat jibril turun menyampaikan surah al-ikhlas , sebagain jawaban atas pertanyaan suraqah.

Sekiaannnnnn 
Share This Article
Komentar Anda