Pengertian Website, Defenisi website, dan perangkat pendukung


1. Pengertian Website

    Website atau situs merupakan suatu sarana atau media komunikasi berupa halaman- halaman yang berisi informasi, gambar yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau terhubung dengan internet.
     Sebuah Website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak ketara (disini maksudnya sebuah situs/blog pribadi kadangkala tidak bisa dibedakan dengan situs/website milik suatu instansi, perusahaan atau organisasi khusus, karena semuanya ditampilkan dalam bentuk data yang sama).

2. Teknologi dan Perangkat Pendukung

    Web (website) merupakan kumpulan dari berbagai jenis file. Sebagian besar diantaranya merupakan kumpulan dari berbagai jenis file. Sebagian besar merupakan file HTML (Hypertext Markup Language) Jenis lainnya dapat berupa file image, multimedia dan animasi seperti video dan flash. kesemuanya harus dapat disatukan menjadi kesatuan. Sebuah situs atau web yang baik harus dapat menyajikan setiap komponen dengan serasi, konsisten dan indah. Saat ini boleh dikatakan tidak ada (atau belum ada) satu software yang dapat digunakan untuk membangun sebuah situs secara keseluruhan, mulai merancang, membuat halaman HTML, mengedit image, multimedia dan Animasi, sampil menampilkannya sekaligus, dalam arti dapat saya jelaskan lagi untuk membangun sebuah situs kita sekarang harus memadukan beberapa software seperi untuk membuat rancangan template harus menggunakan software Adobe DreamWeaver atau sejenisnya, untuk mengedit dan memanipulasi image/gambar harus menggunakan Photoshop misalnya, untuk membuat HTML kita harus menggunkan notepad dan sejenisnya misalnya.
perangkat lunak yang diperlukan dalam membangun situs web, setidaknya dapat dibagi menjadi :

a). Editor program (Code Editor) ------>>  macromedia dreamweaver  sekarang Adobe Dreamweaver
b).web browser                           ------>> Microsoft Internet Explorer, mozilla firefox, Opera
c). Editor gambar                         ------>> Adobe Photoshop, fireworks

sekian pembahasan singkat Website kali ini,,, sebenarnya masih banyak yang harus saya terangkan berhubung tangan saya capek ngetiknya jadi pembahasan yang lebih lanjut akan saya publikasikan di postingan berikutnya

Wassalam.....


Share This Article
Komentar Anda